RPP



Sharing Contoh RPP Teknik Otomotif Kendaraan Ringan



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Program Studi Keahlian
:
Teknik Otomotif
Kompetensi Keahlian
:
Teknik Kendaraan Ringan
Mata Pelajaran
:
Perbaikan Kelistrikan Otomotif (PKO)
Kode Kompetensi
:
OPKR-20-001B
Kelas/Semester
:
X/3
Tahun Pelajaran
:
2015/2016
Pertemuan
:
1-4
Alokasi Waktu
:
16 x 45 menit
Standart Kompetensi 
:
Perbaikan ringan pada rangkaian / sistem kelistrikan
Kompetensi Dasar
:
Menguji dan mengidentifikasi kesalahan sistem/ komponen.
Indikator
:
·      Sistem/komponen diuji tanpa menyebabkan kerusakan terhadap komponen atau sistem lainnya.
·      Informasi yang benar diakses dari spesifikasi pabrik dan dipahami.
·      Tes/pengujian dilakukan untuk menentukan kesalahan/kerusakan dengan menggunakan peralatan dan tehnik yang sesuai.
·      Mengidentifikasi kesalahan dan menentukan langkah perbaikan yang diperlukan.
·      Seluruh kegiatan pengujian dilaksanakan berdasarkan SOP (Standard Operation Procedures), undang-undang K 3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja), peraturan perundang-undangan dan prosedur/kebijakan perusahaan.

 

A.    Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari pemelajaran ini, diharapkan siswa dapat :
  1. Memahami prinsip kerja sistem kkelistrikan otomotif melalui penggalian informasi pada buku manual.
  2. Memahami konstruksi dan komponen-komponen sistem kelistrikan otomotif melalui penggalian informasi dari buku manual dan penelitian terhadap kendaraan.
  3. Memahami prosedur pemeriksaan sistem kelistrikan otomotif sesuai SOP dengan mengkaji informasi dari buku spesifikasi pabrik.
  4. Memahami prosedur pengujian sistem kelistrikan otomotif sesuai SOP dengan mengkaji informasi dari buku spesifikasi pabrik.
  5. Melaksanakan pemeriksaan rangkaian sistem kelistrikan untuk menentukan kerusakan dengan menggunakan alat sesuai standar bengkel otomotif.
  6. Melaksanakan pengujian rangkaian sistem kelistrikan untuk menentukan gangguan/kesalahan dengan menggunakan alat sesuai standar bengkel otomotif
  7. Mengembangkan karakter rasa ingin tahu dan disiplin.
B.     Materi Pembelajaran
1.      Prinsip kerja sistem kelistrikan otomotif.
2.      Prosedur pengukuran dan pengujian kelistrikan.
3.      Jenis kerusakan sistem kelistrikan dan metoda perbaikannya.
  1. Standar prosedur keselamatan kerja.
C.    Nilai-Nilai Karakter yang diharapkan
1.    Rasa ingin tahu
2.    Disiplin
D.    Metode Pembelajaran
1.      Ceramah
2.      Demontrasi
3.      Tanya Jawab
4.      Problem solving
5.      Praktek
E.     Sumber /media Pembelajaran
1.      Sumber belajar
1)      Buku workshop manual
2)      Job sheet
3)      CD/DVD Pembelajaran
4)      Internet
2.      Media alat dan bahan
1)      Alat-alat mekanik dan special tools
2)      Alat-alat ukur
3)      Unit system Kelistrikan
4)      LCD proyektor
5)      Komputer/laptop
F.     Skenario Pembelajaran
Pertemuan ke : 1 (4 x45 menit)
1.    Kegiatan Pendahuluan (20 menit)
a.       Guru dan peserta didik saling memberi salam, dilanjutkan dengan do’a dan dilanjutkan dengan pengecekan kehadiran peserta didik (Komunikatif)
b.      Guru memberikan motivasi untuk mendorong semangat belajar peserta didik.
c.       Guru menyampaikan inti materi yang akan dibahas dan menyampaikan tujuan pembelajaran.
2.    Kegiatan Inti (140 menit)
a.       Eksplorasi (25 menit)
1)   Guru menggali informasi yang luas dan menanyakan kepada siswa tentang Prinsip kerja sistem kelistrikan otomotif dan siswa menjawab pertanyaan guru.
2)   Guru membentuk kelompok siswa untuk mendiskusikan materi
3)   Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran
b.      Elaborasi (90 menit)
1)   Guru menjelaskan Prinsip kerja sistem kelistrikan otomotif
c.       Konfirmasi (25 menit)
1)   Guru menguatkan kembali tentang Prinsip kerja sistem kelistrikan otomotif.
2)   Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, maupun isyarat tentang keberhasilan peserta didik
3)   Membantu peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan
4)   Memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang dan belum berpartisipasi aktif
3.    Kegiatan Penutup (20 menit)
a.       Guru menyampaikan kesimpulan bersama-sama peserta didik tentang materi yang sudah disampaikan
b.      Guru memberikan tugas kepada peserta didik.
c.       Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remidi, program pengayaan, pemberian tugas pada peserta didik
d.      Guru mengemukakan materi yang akan dibahas pada waktu yang akan datang
e.       Guru mengucapkan salam penutup dan peserta didik membalas salam.

Pertemuan ke : 2 (4 x45 menit)
1.      Kegiatan Pendahuluan (20 menit)
a.       Guru dan peserta didik saling memberi salam, dilanjutkan dengan do’a dan dilanjutkan dengan pengecekan kehadiran peserta didik (Komunikatif)
b.      Guru memberikan motivasi untuk mendorong semangat belajar peserta didik.
c.       Guru menyampaikan inti materi yang akan dibahas dan menyampaikan tujuan pembelajaran.
2.      Kegiatan Inti (140 menit)
a.       Eksplorasi (25 menit)
1)        Guru menggali informasi yang luas dan menanyakan kepada siswa Prosedur pengukuran dan pengujian kelistrikan dan siswa menjawab pertanyaan guru.
2)        Guru membentuk kelompok siswa untuk mendiskusikan materi
3)        Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran
b.      Elaborasi (90 menit)
1)        Guru menjelaskan Prosedur pengukuran dan pengujian kelistrikan
c.       Konfirmasi (25 menit)
1)      Guru menguatkan kembali tentang Prosedur pengukuran dan pengujian kelistrikan
2)      Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, maupun isyarat tentang keberhasilan peserta didik
3)      Membantu peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan
4)      Memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang dan belum berpartisipasi aktif
3.      Kegiatan Penutup (20 menit)
a.       Guru menyampaikan kesimpulan bersama-sama peserta didik tentang materi yang sudah disampaikan
b.      Guru memberikan tugas kepada peserta didik.
c.       Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remidi, program pengayaan, pemberian tugas pada peserta didik
d.      Guru mengemukakan materi yang akan dibahas pada waktu yang akan datang
e.       Guru mengucapkan salam penutup dan peserta didik membalas salam.
Pertemuan ke : 3 (4 x45 menit)
  1. Kegiatan Pendahuluan (20 menit)
a.       Guru dan peserta didik saling memberi salam, dilanjutkan dengan do’a dan dilanjutkan dengan pengecekan kehadiran peserta didik (Komunikatif)
b.      Guru memberikan motivasi untuk mendorong semangat belajar peserta didik.
c.       Guru menyampaikan inti materi yang akan dibahas dan menyampaikan tujuan pembelajaran.
  1. Kegiatan Inti (140 menit)
a.       Eksplorasi (25 menit)
1)        Guru menggali informasi yang luas dan menanyakan kepada siswa tentang Jenis kerusakan sistem kelistrikan dan metoda perbaikannya
2)        Guru membentuk kelompok siswa untuk mendiskusikan materi
3)        Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran
b.      Elaborasi (90 menit)
1)        Guru menjelaskan Jenis kerusakan sistem kelistrikan dan metoda perbaikannya
c.       Konfirmasi (25 menit)
1)        Guru menguatkan kembali tentang Jenis kerusakan sistem kelistrikan dan metoda perbaikannya
2)        Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, maupun isyarat tentang keberhasilan peserta didik
3)        Membantu peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan
4)        Memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang dan belum berpartisipasi aktif
  1. Kegiatan Penutup (20 menit)
a.       Guru menyampaikan kesimpulan bersama-sama peserta didik tentang materi yang sudah disampaikan
b.      Guru memberikan tugas kepada peserta didik.
c.       Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remidi, program pengayaan, pemberian tugas pada peserta didik
d.      Guru mengemukakan materi yang akan dibahas pada waktu yang akan datang
e.       Guru mengucapkan salam penutup dan peserta didik membalas salam.
Pertemuan ke : 4 (4 x45 menit)
  1. Kegiatan Pendahuluan (20 menit)
a.       Guru dan peserta didik saling memberi salam, dilanjutkan dengan do’a dan dilanjutkan dengan pengecekan kehadiran peserta didik (Komunikatif)
b.      Guru memberikan motivasi untuk mendorong semangat belajar peserta didik.
c.       Guru menyampaikan inti materi yang akan dibahas dan menyampaikan tujuan pembelajaran.
  1. Kegiatan Inti (140 menit)
a.       Eksplorasi (25 menit)
1) Guru menggali informasi yang luas dan menanyakan kepada siswa tentang Standar prosedur keselamatan kerja
2)      Guru membentuk kelompok siswa untuk mendiskusikan materi
3)      Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran
b.      Elaborasi (90 menit)
1)      Guru menjelaskan Standar prosedur keselamatan kerja
c.       Konfirmasi (25 menit)
1)       Guru menguatkan kembali tentang Standar prosedur keselamatan kerja
2)       Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, maupun isyarat tentang keberhasilan peserta didik
3)       Membantu peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan
4)       Memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang dan belum berpartisipasi aktif
  1. Kegiatan Penutup (20 menit)
a.       Guru menyampaikan kesimpulan bersama-sama peserta didik tentang materi yang sudah disampaikan
b.      Guru memberikan tugas kepada peserta didik.
c.       Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remidi, program pengayaan, pemberian tugas pada peserta didik
d.      Guru mengemukakan materi yang akan dibahas pada waktu yang akan datang
Guru mengucapkan salam penutup dan peserta didik membalas salam
G.    Evaluasi, Tugas dan Norma Penilaian
1.    Soal Evaluasi/Tes Tertulis
Soal Evaluasi dan Kunci Jawaban Tes tertulis :
1.      Sebutkan gangguan-gangguan yang sering terjadi pada rangkaian kelistrikan!
2.      Faktor apa saja yang menyebabkan nilai tahanan pada rangakaian kelistrikan bertambah.
3.      Jelaskan apa yang tidak boleh dilakukan saat pemeriksaan kontinuitas rangkaian menggunakan jumper wire.
4.      Bagamana cara menggunakan tes lamp untuk memeriksa kontinuitas rangkaian kelistrikan
5.      Jelaskan keuntungan menggunakan tes lamp disbanding jumper wire.
Kunci jawaban formatif kegiatan belajar
1) Gangguan-gangguan pada sirkuit kelistrikan :
- Gangguan karena nilai tahanan membesar.
- Gangguan karena hubung singkat
- Gangguan karena kerusakan komponen
2) Faktor penyebab nilai tahanan bertambah antara lain:
a) Adanya rangkaian yang terbuka/terputus
b) Timbulnya korosi/karatan pada sambungan
3) Hal yang tidak diperbolehkan dalam pemerikaan kontinuitas dangan jumper wire adalah: Membay-pass beban kelistrikan baik lampu,motor atau beban lain
4) Cara menggunakan tes lamp untuk pemeriksaan kontinuitas rangkaian, adalah:
a) Menghubungkan jepit tes lamp dengan negatip batere atau ground
b) Menghubungkan colok tes lamp dengan titik pada rangkaian yang akan diperiksa.
5) Keuntungan menggunakan tes lamp dibandingkan jumper wire adalah: tes lamp tidak menyebabkan terjadinya kerusakan pada komponen rangkaian yang diperiksa.

2.    Norma Penilaian
a.       Soal Evaluasi
Terdiri dari 5 Butir soal, nilai masing-masing butir soal :
No Butir

Skor Maksimal
1
Sedang
20
2
Sedang
20
3
Sedang
20
4
Sedang
20
5
Sedang
20

Total sekor benar semua
100



Kepala SMK Panca Bhakti Rakit,



Restu Martanto, Am.Pd
NIY. 97-0053

Rakit,   Juli 2015
Guru Pengampu,



Suwondo, S.Pd
NIY. 09-0164

Contoh RPP yang lain silahkan di download pada link dibawah:

1. Memasang sistem penerangan dan wiring kelistrikan
2. Menguji Sistem Kelistrikan
3. Memasang perlengkapan kelistrikan tambahan







0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More